Injil Markus 16:9-20 adalah Palsu?

Injil Markus 16:9-20 adalah Palsu?.

" MURTADINKAFIRUN menulis:Tapi setelah diselidiki, ternyata ayat diatas adalah ayat Palsu. Markus 16 ternyata hanya sampai ayat 8, Markus 16:9-20 adalah palsu. Alkitab kitab Markus pasal 16 yang diterbitkan Lembaga Biblika Indonesia yang dicetak oleh percetakan Arnoldus Ende 1986/1987, Pada catatan kakinya berbunnyi:

"Dengan singkat. Bagian ayat ini hanya terdapat dalam beberapa naskah. Nampaknya baru dalam abad ke-2 Mas ditambahkan dalam injil Markus. Bagian akhir injil Markus ayat 9-20 bercerita mengenai penampakan Yesus. Ini memang termasuk kitab suci, tetapi agaknya tidak termasuk injil Markus yang asli".


Tulisan "nampaknya" dan "agaknya" itu merupakan dugaan, bukan suatu kepastian.


MURTADINKAFIRUN menulis:Pada The Christian Counselor's New Testamen, markus 16 berakhir pada pasal 16 ayat 8. Kemana ayat 9-20? Pada akhir kalimat terdapat catatan kaki :


"These verse are omitted by better MSS. An alternative shoter ending is found in same".

"Ayat-ayat ini dihapus oleh terjemahan MSS yang terbaik. Penutup lebih pendek seperti ini (Markus 16 berakhir pada ayat 8) bisa ditemukan pada beberapa versi lainnya.


Tidak ada manuskrip yang "terbaik". Jika Anda benar-benar memerlukan suatu dokumen penting, dokumen asli tidak ada lagi, dan di hadapan Anda tersedia seratus dokumen salinan dan seratus dokumen terjemahan yang berbeda satu sama lain, apa yang akan Anda lakukan? Bagaimana Anda menentukan salinan terbaik atau terjemahan terbaik?


MURTADINKAFIRUN menulis:Pada The Holy Bible New International Version pada catatan kaki ayat 8 berbunyi :

"The two most reliable early manuscripts do not have mark 16:9-20".

"Dua manuskrip paling tua tidak memiliki Markus 16:9-20".

"Serious doubts exists as to whether these verses belong to the Gospel of Mark. They are absent from important early manuscripts and display certain peculiarities of vocabulary, style and theological content that are unlike the rest of Mark. His Gospel probably ended at 16:8, or its original ending has been lost. (From the NIV Bible Foot Notes, page 1528)"


Makin tuanya suatu manuskrip tidak menjamin bahwa manuskrip itu lebih dekat kepada naskah asli. Naskah A (misalnya tahun 400 Masehi), yang lebih tua dari naskah B (tahun 500 Masehi), mungkin disalin dari naskah yang belum lama umurnya (tahun 300 Masehi) dan yang bobot nilainya tidak begitu besar; sedangkan naskah B (tahun 500 Masehi) berasal dari suatu naskah yang jauh lebih tua (tahun 200 Masehi), lebih baik, dan lebih berbobot.

Sejarah suatu manuskrip perlu lebih dulu dipertimbangkan sebelum membuat keputusan mengenai validitas isinya.



My be this artikel's that you need...!!!



1 komentar:

  1. Nah disini juga tidak ada komentar yang jg mengecam anda penulis...Inilah kebenaran..Semoga anda Syahid Fii Sabilillah

    BalasHapus