Gara-Gara Minta Maaf Kepada Muslim

Gara-Gara Minta Maaf Kepada Muslim, Polisi Dicerca Atasan - Kepala polisi Windsor telah membuat permintaan maaf terbuka kepada komunitas Muslim lokal atas "rasa malu" yang disebabkan oleh perwira taktis ketika mereka ketika melakukan operasi penangkapan. Namun atasannya, pimpinan persatuan polisi di kota itu tidak setuju dengan keputusan kepala polisi itu dan mencerca keputusan tersebut.


Mohammad Al-Sahli ketika ditahan  di rumahnya atas tudingan ekstrimisme. Dalam penahanan tersebut, kepolisian Windsor juga memeriksa seorang wanita meski tidak terdapat dalam surat perintah. Hal tersebut membuat kepolisian meminta maaf kepada umat Muslim. (SuaraMedia News)
HTML clipboard

"Dalam keyakinan saya, ini bukan masalah budaya," kata Const. Ed Parent, presiden dari Asosiasi Kepolisian Windsor. "Petugas-petugas ini memiliki surat perintah untuk menangkap seseorang. Mereka masuk, dan mereka menangkap orang ini."

HTML clipboard mohammad_al_sahli_ketika

Kontroversi itu berasal dari penangkapan yang dilakukan oleh tim taktis polisi Windsor (Emergency Services Unit) bulan lalu.

Pada 31 Oktober, ESU bertindak pada permintaan oleh RCMP dan FBI untuk menangkap warga Windsor Mohammad Al-Sahli, 33, dan Yassir Ali Khan, 30, dalam hubungannya dengan kelompok Islam radikal yang berbasis di Detroit.

Menurut Patrick Ducharme, pengacara kedua terdakwa, para petugas "memeriksa" seorang wanita Muslim, istri Khan, yang bukan bagian dari surat perintah penangkapan.

"Tidak pernah ada niat untuk polisi Windsor untuk menyinggung atau mempermalukan keluarga dari komunitas Islam kita," tulis Kepala polisi Windsor Gary Smith dalam berita yang dikeluarkan pada hari Kamis. "Tindakan yang diambil itu menyebabkan rasa malu dan menyinggung keyakinan agama mereka. Saya tulus minta maaf kepada keluarga dan masyarakat Islam."

Suatu tinjauan mengenai insiden menyoroti perlunya tambahan "pelatihan kepekaan budaya," kata rilisan tersebut.

HTML clipboardfbi_islamHTML clipboard

Pada saat itu, polisi mengatakan orang-orang itu ditangkap tanpa insiden setelah dua rumah itu dikelilingi oleh RCMP bersenjata lengkap dan polisi Windsor.

Namun pengacara kedua pria itu kemudian menyatakan bahwa polisi bertindak berlebihan dalam menarik senjata dan menakuti perempuan dan anak-anak di rumah.

Kepala Windsor Smith mengatakan Asosiasi Islam akan menawarkan pelatihan kepada petugas baru.

"Dalam rangka penangkapan, petugas di TKP telah interaksi dengan keluarga dari kedua laki-laki ... interaksi inilah yang menyuarakan keprihatinan di kalangan anggota keluarga dan masyarakat Islam tentang kepekaan budaya Windsor polisi," katanya kepada konferensi pers.

"Salah satu hal yang akan kita lihat adalah: Bagaimana kita membawa petugas perempuan yang tidak dilatih secara taktis di dalam pusat sebuah perimeter, dan seharusnya kita lakukan kali ini. Bisakah kita melakukannya lebih baik?”

Tapi Const. Parent, yang merupakan anggota ESU selama 10 tahun, mengatakan dia tidak tahu apa yang harus dilakukan petugas jika bukan itu.

"Biasanya, ketika Anda membuat permintaan maaf, itu berarti ada sesuatu yang salah. Menurut pendapat saya, tidak ada yang tidak beres di sini.”

"Saya yakin para petugas itu melakukan segala sesuatu di mana mereka berhak untuk melakukannya di bawah hukum. Saya percaya mereka melakukannya secara profesional. Saya tidak melihat suatu masalah di sini."

Sementara dari pihak Asosiasi Muslim Ontario menyatakan bahwa tidak ada tekanan politik yang diberikan pada kepala Windsor polisi untuk membuat permintaan maaf kepada komunitas Muslim di kota itu menyusul penangkapan kontroversial dua laki-laki bulan lalu.

"Tidak ada tekanan sama sekali," kata Dr Ismail Peer, presiden asosiasi.

"Kami tidak dalam posisi untuk membuat tekanan pada siapa pun," tambah Abdelkader Tayebi, sekretaris dari asosiasi itu.

Penahanan datang hanya beberapa hari setelah Mujahid Carswell, anak imam yang tewas dalam tembak-menembak di Detroit, ditangkap di Windsor. FBI menuduh ketiga orang itu berkonspirasi untuk melakukan kejahatan federal. Keluhan FBI menyusun daftar beberapa tuduhan, termasuk konspirasi untuk menjual barang-barang curian. [ suaramedia.com ]




My be this artikel's that you need...!!!



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar