Mengungkap Misteri Wajah Yesus yang Hangus di Wajan Babi?




Mengungkap Misteri Wajah Yesus yang Hangus di Wajan Babi? — Daging babi yang digoreng terlalu lama, mengakibatkan daging hangus dan gosong sehingga menyisakan bekas hitam di wajan penggorengan. Gosong hitam itu membentuk siluet abstrak seolah-olah ada lukisan kabur yang menyerupai mata, hidung dan mulut. Kalau dicocok-cocokkan dan dimirip-miripkan maka bentuknya seolah membentuk lukisan wajah Yesus. Umat Kristen heboh, sebagian bahkan meyakini itu sebagai “Kuasa Ilahi” dan “penampakan” Yesus di atas penggorengan.

Kejadian bermula pada tengah malam, saat sedang menunggu daging babi (bacon) panggang kesukaannya, Toby Elles (22) tiba-tiba tertidur pulas. Toby terbangun setelah seluruh ruangan penuh dengan asap hitam akibat daging babi yang sedang dipanggangnya gosong terbakar.

"Malam itu benar-benar kejadian yang penuh mukjizat. Satu jam ruangan penuh asap dan saya baru terbangun," kata kasir Halifax Bank of Salford di Lancaster ini.

Begitu terbangun, Toby sadar telah meninggalkan panci panggangan di atas kompor. Dengan panik dia segera menuju dapur untuk mematikan api dan menyelamatkan panci penuh daging babi yang mulai terbakar.

...Dari mana mereka tahu itu wajah Yesus, padahal mereka belum pernah tahu wajah Yesus yang asli? Dari mana mereka bisa pastikan itu gambar wajah Yesus, padahal zaman dulu belum ada kamera, handycam dan mesin foto copy?...

Setelah semua beres, sambil berdoa Toby kemudian membersihkan panci panggangan dari daging gosong yang melekat di panci tersebut.

"Benar-benar kuasa ilahi telah berkarya dalam rumah saya. Ketika saya membersihkan panci tersebut, tiba-tiba muncul wajah Yesus Kristus, yang terlukis dari bekas panggangan daging saya," kata Toby.

Sebelum kejadian mengerikan tersebut, Toby dan teman sekamarnya berniat membuat makanan ringan sambil minum bir sebelum tidur.

"Setelah menyalakan kompor listrik dan memanggang daging di atas panci, saya memutuskan untuk beristirahat di sofa," katanya.

Hampir selama satu jam Toby tertidur pulas di atas sofa, hingga akhirnya terbangun karena asap yang memenuhi ruangan.

"Beruntung kami menggunakan kompor listrik sehingga dengan mudah kami matikan. Lalu saya mengambil panci yang berisi daging yang gosong tersebut dan mulai membersihkannya," katanya.

Ketika Toby sedang membersihkan panci, JC, rekan sekamarnya, berkata sambil melihat wajah Yesus yang muncul dari panci tersebut.

"Ini merupakan karunia dari Tuhan. Aku tidak akan menggosok bersih. Aku akan memasang di dinding sebagai berkah bagi keselamatanku," katanya.

PENAMPAKAN YESUS KEPADA KANG MAMAN, URANG SUNDA

Penginjil urang Sunda yang menamakan dirinya Kang Maman, dalam ceramah kesaksiannya mengaku mantan Muslim. Kini ia aktif memberikan ceramah kesaksian di gereja dengan tema yang sangat provokatif dan kental dengan bumbu dustanya. Salah satu kesaksiannya dimuat dalam tabloid ‘Zaitun’ menampilkan kesaksian dengan judul provokatif “Dianiaya dan Dibakar Akibat Menjadi Kristiani.” (edisi 36 Th II). Rubrik “Kesaksian” di tabloid Kristen ini menyebutkan, Kang Maman adalah seorang pelawak kondang asal Sunda, anggota grup lawak terkenal dari Bandung yang dipimpin oleh pelawak terkenal asal Jawa Barat.

Di tabloid rohani Kristen itu, Kang Maman mengaku bernama asli Muhammad Shalat. Mengaku pindah iman ke Kristen bermula ketika melakukan shalat pada malam hari, Kang Maman mendengar gemuruh angin di ruangan shalat. Saat itu, hadir seorang berjubah putih dan berselendang merah membara serta membawa sebuah tongkat. Lelaki itu mengucapkan salam dengan suara menggelegar, “Syalom, syalom!”

Lelaki tak dikenal itu terus-menerus menatap ke arah Kang Maman. Tiba-tiba orang itu berucap, “Anakku, akulah Isa Almasih, dan Akulah Yesus Kristus. Akulah jalan yang lurus dan akulah yang terkemuka di dunia dan di akhirat.”

Penampakan itulah awal kisah Kang Maman menjadi orang Kristen. (kisah selengkapnya baca tulisan terdahulu: "Foto Yesus Berhadiah Mobil BMW (Menjawab Testimoni Dusta Penginjil Sunda."

BENARKAH ITU PENAMPAKAN YESUS?

Terlepas dari validitas cerita Toby Elles nun jauh dari Lancester maupun pengakuan Kang Maman di Sunda di atas, ada satu hal yang patut dipertanyakan. Benarkah penampakan dan siluet hasil gosongnya daging babi di penggorengan itu menyerupai wajah Yesus?

PERTAMA. Dari mana mereka tahu itu wajah Yesus, padahal mereka belum pernah tahu wajah Yesus yang asli? Dari mana mereka bisa pastikan itu gambar wajah Yesus, padahal zaman dulu belum ada kamera, handycam dan mesin foto copy?

Visualisasi wajah Yesus yang beredar di seluruh dunia saat ini, adalah hasil daya khayal para pelukis dan pemahat patung. Karena pada masa Yesus masih hidup, tak ada satu orang pun yang mengabadikan wajah Yesus dalam bentuk lukisan maupun patung.

Terbukti, dengan adanya fakta bahwa gambar Yesus di seluruh dunia itu berbeda-beda. Di Eropa, wajah Yesus disesuaikan dengan kultur setempat berkulit putih, rambut panjang ala Eropa. Di Afrika, Yesus dilukiskan berkulit hitam, rambut keriting, hidung lebar sama seperti orang Afrika asli.

Kristen sekte Saksi Yehowah menggambarkan Yesus sebagai sosok tinggi kekar, rambut pendek lurus hitam lebat, jenggot dan jambang tebal.

Sementara di Jawa, Yesus digambarkan seperti orang Jawa, pakai blangkon, pakai kemeja Jawa, kulit warna sawo matang, dan seterusnya. Bisa dibayangkan seandainya diadakan pameran gambar wajah Yesus internasional, maka ada ribuan gambar wajah Yesus. Jika masih hidup, mungkin Yesus akan kaget terheran-heran melihat gambar dirinya bermacam-macam model dan gayanya.

Soal foto Yesus ini, H Insan Mokoginta (Wencelclaus) menampilkan berbagai macar versi wajah Yesus yang beredar di berbagai negara di dunia, antara lain sbb:


Ini foto, gambar atau lukisan? Jika foto, berarti ini manusia jaman sekarang, dipilih yang cantik dan ganteng kemudian dipotret, lalu dikatakan inilah Maria dan Yesus. Padahal mungkin saja saat ini mereka berdua masih hidup.

::

Kalau Yesus itu adalah Tuhan, Tuhan mana lagi yang dia panggil? Jika Yesus Tuhan, kok Tuhan mati?

::

Maria dan Yesus bagi suku bangsa ini mungkin adalah yang tercantik dan terganteng

::

Maria dan Yesus menurut versi Guadalupe. Wajah Yesus persis seperti anak wanita.

::

Wajah Maria dan Yesus ini menurut versi bangsa apa ??

::

Maria dan Yesus versi orang Timur Tengah. Bahasa Arab yang tertulis di atas adalah :
Ummu Allah = ibunya Allah. Yasu' (Yasu'a) Almasih =Yesus Almasih.

::

The Good Sheperd adalah julukan kepada Yesus sebagai Pengembala yang baik

::

Yesus Kristus versi orang Bolivia dengan wajah yang sangat berbeda.

::

Mungkin ini wajah Yesus versi orang Indian yang sedang menggendong dua orang anak.

::

Maria dan Yesus menurut suku Apache. Maria sedang menggendong Yesus.

::

Yesus berambut kribo mirip orang Ambon.

::

Lion of Judah adalah salah satu julukan buat Yesus, sebagai singanya orang Yahudi.

::

Yang ini Yesus versi mana lagi?

KEDUA. Kalau dilihat dengan daya imaginasi, maka banyak sekali lukisan abstrak di dunia. Mega di langit, pantulan sinar di kaca, tumpukan pasir, pegunungan yang dilihat dari jauh, dan masih banyak lagi. Semua bentuk lukisan abstrak ada di alam, bila dicocok-cocokkan, maka muncullah bias yang membentuk lukisan apapun, baik manusia maupun berbagai jenis binatang secara alami.

Sebuah tembok yang berlumut dan berwarna kehitam-hitaman diamat-amati agak lama, bisa saja muncul lukisan abstrak yang seolah-oleh membentuk monyet. Ini bukan berarti monyet punya mukjizat yang disebut penampakan monyet pada sebuah dinding.

Bahkan –maaf– kotoran ayam atau kotoran kambing di kandang yang bertumpuk sangat banyak, bila diamat-amati agak lama, bisa jadi akan terlihat lukisan abstrak yang menyerupai bentuk mata, mulut, hidung, telinga, rambut dan mahkota duri yang mirip dengan wajah Yesus seperti yang terpampang di rumah orang Kristen itu. Apakah dengan demikian bisa diyakini bahwa mukjizat penampakan Yesus di kandang ayam atau kandang kambing? Itu bukan hal yang aneh. Juga bukan penampakan dan bukan pula mukjizat.

KETIGA, Jika segala sesuatu yang mirip Yesus diyakini sebagai “kuasa ilahi” dan penampakan Yesus, bagaimana dengan banyakinya orang yang wajahnya mirip lukisan Yesus yang beredar saat ini? Apakah orang-orang itu diimani sebagai penampakan Yesus ke dunia?

Contohnya orang yang mirip Yesus dan dianggap sebagai anak Allah oleh para pengikutnya adalah Sergei Torop, mantan polisi lalu lintas Rusia yang dijuluki sebagai "Jesus of Siberia" (Yesus dari Siberia).

KEEMPAT, jika penggorengan daging babi itu mirip dengan wajah seseorang, apakah itu diyakini sebagai penampakan orang tersebut? Karena bagi seseorang, penggorengan itu mirip Yesus, tapi menurut orang lain, siluet itu mirip wajah Gombloh, penyanyi pop asal Surabaya.

KELIMA, fenomena penampakan Yesus itu adalah faktual. Mungkinkah Yesus menampakkan diri dalam penggorengan daging babi? Mengingat Yesus dalam Bibel menyatakan bahwa misinya untuk meniadakan hukum Taurat. (Lukas 16:17, Matius 5:17).

Dalam Alkitab versi Today’s English 1992, dijelaskan bahwa pengertian menggenapi yang dimaksud dalam ayat ini adalah "to make their teachings come true" (untuk menunjukkan arti yang sesungguhnya).

Dan salah satu ajaran Taurat yang digenapi Yesus itu adalah mengharamkan babi secara mutlak:

“Dan lagi babi, karena sungguhpun kukunya terbelah dua, ia itu bersiratan kukunya, tetapi ia tiada memamah biak, maka haramlah ia kepadamu. Janganlah kamu makan dari pada dagingnya dan jangan pula kamu menjamah bangkainya, maka haramlah ia kepadamu” (Imamat 11:7-8).

Jika Taurat dan Injil sama-sama mengharamkan babi, mungkinkah Yesus menampakkan diri dalam penggorengan babi? Padahal babi sangat diharamkan Tuhan yang Maha Qudus (Yehovah Quadash) yang menguduskan umat-Nya: “Sebab Akulah Tuhan, Allahmu, maka haruslah kamu menguduskan dirimu dan haruslah kamu kudus, sebab Aku ini kudus” (Imamat 11:44 ).

Mungkinkah Yesus yang makshum (suci dari dosa) itu menampakkan diri dalam penggorengan babi, jika Tuhan telah umat-Nya untuk menyentuh daging babi, kareana segala yang menyentuh daging babi menjadi najis (Imamat 11:26-27).

[taz/dailymail, metro, bordom, terangdunia, sabili/ voa-islam.com]


1 komentar: