Kisah Pelawak Cahyono Jadi Mualaf

Kisah Pelawak Cahyono Jadi Mualaf. Saya lahir dan dibesarkan di Banyuwangi, sebuah kota di Jawa Timur, tempat orang tua kami tinggal hinga kini. Sebenarnya saya dilahirkan dari keluarga muslim. Ayah dan ibu saya pun beragama Islam. Ketika kecil saya pun beragama Islam. Sampai pada usia 6 tahun, oleh orang tua, saya dimasukkan ke Sekolah Dasar Katolik.

Di sekolah ini saya sering kali dicekoki doktrin Kristen: doktrin tentang ketuhanan Yesus dan Bunda Maria. Doktrin itu kalau sudah masuk ke dalam pikiran anak-anak, luar biasa pengaruhnya. Demikianlah yang saya rasakan saat itu.

Tanpa sadar saya menjalani hidup sebagai orang Kristen. Mulai dari cara berdoa sebelum makan, cara sembahyang dan lain sebagainya. Pada akhirnya saya dibaptis dengan nama Paulus Tjahyono. Dengan demikian resmilah saya menjadi umat Katolik.

Menganai sekolah ini saya ingatkan kepada orang tua agar tidak menyekolahkan anak-anaknya ke sekolah milik umat agama lain, meskipun mungkin sekolah itu mutunya lebih bagus. Sebab, sebagaimana yang saya alami, hal tersebut akan membawa perubahan besar dalam kehidupan beragama seorang anak.

Kanak-kanak itu masih lugu pikirannya. Mereka belum dapat membedakan secara baik mana yang benar dan mana yang salah. Karena itu, ketika suatu doktrin dipompakan ke pada seorang anak, mereka akan menelannya tanpa menelaah lagi.

Hijrah ke Jakarta

Sejak SMP, bakat lawak sudah tampak pada diri saya. Karena itu, saya banyak disukai teman-teman. Mereka betah berkawan dan mendengarkan saya melawak. Sesekali grup lawak kami walaupun masih amatiran manggung di tempat-tempat pertunjukan kampung atau sekolah.
Untuk mengembangkan bakat, pada usia 21 tahun, tepatnya pada tahun 1972, saya hijrah ke Jakarta (saya katakan "hijrah" bukan pindah, karena di Jakarta saya menemukan kembali agama saya). Di sini saya bergabung dengan group komedi Jawa Timur.

Dua tahun kemudian saya bertemu dengan Jojon yang saat itu aktif di group kesenian Jawa Barat. Dari hasil bincang-bincang, kami bersepakat membentuk group lawak dengan nama Jayakarta Group. Bersama dengan Uuk, almarhum Joni Gudel, dan Jojon, kami manggung untuk pertama kalinya di Jakarta Fair. Kerjasama kami tidak hanya didasarkan pada kepentingan bisnis semata, namun lebih diwarnai suasana kekeluargaan. Karena itu, jika di luar pentas, kami seperti keluarga sendiri layaknya.

Semua teman saya di Jayakarta Group beragama Islam. Saya sering berdiskusi dengan Jojon, Uuk, Prapto atau Ester, mengenai Kristen dan Islam. Dari diskusi itu, saya tergugah untuk mempelajari Islam secara mendalam. Mulailah saya membaca buku-buku Islam, baik yang berkaitan dengan tauhid, akhlak ataupun syariat.

Selain hal di atas, ada salah seorang teman saya yang paling berpengaruh dalam membimbing saya ke arah Islam. Dialah Haji Roma Irama, si Raja Dangdut. Dengan saya sering berdialog tentang Islam. Kebetulan dia tahu banyak tentang ajaran ajaran Katolik, sehingga dia mengetahui persis di mana letak kesalahannya. Dari diskusi itulah, ditambah dengan mempelajari sendiri buku-buku Islam, saya semakin meyakini kebenaran Islam.

Ajaran Islam mengenai keesaan Tuhan sangat jelas "laailaha illallah" Tidak ada ilah (Tuhan) yagn patut di sembah keculai Allah. Dengna mengucapkan kalimat itu, berarti saya mengikrarkan diri saya sendiri bahwa tidak ada satupun benda, baik berupa kekuasaan, harta maupun hal-hal liannya yang boleh menguasai hidup saya. Sebab, hidup saya hanya untuk beribadah pada Allah SWT.

Akhirnya, pada tanggal 1 Syawal 1412 H/1992 M, seusai melaksanakan shalat Idul Fitri, saya mengucapkan ikrar dua kalimat syahadat, di bimbing K.H. Rahatib dan disaksikan ribuan umat Islam yang baru saja melaksanakan shalat Idul Fitri di Masjid Agung Banyuwangi, Jawa Timur. Tentu saja orang tua saya sangat senang menyambut keislaman saya. Seolah olah beliau telah menemukan kembali anaknya yang hilang.

Dua bulan setelah masuk Islam, secara "tidak sengaja" saya menunaikan ibadah haji. Ceritanya, pada waktu itu saya mengantarkan orang tua mendaftar di sebuah biro penyelenggara haji ONH Plus. Oleh pimpinan biro haji tersebut saya ditawari pergi haji gratis. Wah, tidak dapat saya ungkapkan rasa syukur saya waktu itu. Baru dua bulan masuk Islam sudah menerima karunia yang tidak terhingga, untuk melaksanakan sunnah Nabi Ibrahim a.s.

Sepulang dari haji, saya merasa dilahirkan kembali. Keimanan saya semakin bertambah. Sejak itu, saya menuntut ilmu agama di Pondok Pesantren Assidiqiyah, Kedoya, Jakarta Selatan, diajar langsung oleh K.H. Noer Muhammad Iskandar S.Q. Ke mana pun K.H. Noer berdakwah, saya selalu ikut.

Pada akhirnya saya menjadi "ban serep" Pak Kiai, Kalau Pak Kiai berhalangan hadir memberikan ceramah, saya diminta untuk menceritakan perjalanan saya masuk Islam. Hingga saat ini saya giat berdakwah. Itu tidak berarti saya berhenti belajar. Bahkan sekarang, untuk belajar ilmu-ilmu agama, salah seorang ustadz di Pesantren Assidiqiyah sya minta tinggal di rumah saya, di kompleks Mas Naga Blok A/7 Cakung, Bekasi. [sumber : http://www.geocities.com/kebenaran_islam/cahyono.html Iyoh M./Albaz]


My be this artikel's that you need...!!!



7 komentar:

  1. Kalau saya masuk islam berarti perjalanan saya kepintu kubur Medinah, karena sang nabi Muhammad sedang berada dalam liang kuburan Medinah.
    Karna sang nabi islam ini tidak dapat mengalahkan maut dan menjadi pertayaan dalam islam...? mengapa Allah membiarkan dia tertanam dalam siksaan kuburan...?kalau memang dia sang nabi Allah tentu Allah tidak membiarkan nabinya tertanam dalam kuburan Medinah...?apakah Allahnya Muhammad tidak sanggup membawa Muhammad kesisi Allah disurga...?

    Sedangkan Isa Almasih Allah mengangkatnya kesurga, tetapi nabi Muhammad tetap dibiarkan tertanam dalam kuburan...?wah allahnya Muhammad dipertayakan kekuasaannya...?

    Kok sang nabi Muhammad yang dikatakan oleh islam nabi terakhir membawa agama Allah islam....ternyata sang nabi Muhammad tertanam dalam siksaan kuburan Medinah, mengapa gak kesurga bersama Isa Almasih...?

    BalasHapus
  2. Di Kasowo berbondong-bondong mereka tinggalkan dengan islam keluar dari agama Muhammad islam, mesuk mengikuti Isa Anak Maryam jalan yang lurus Kresten, dengan kepastian akan bertemu Yesus disurga.

    Mengikuti Muhammad dan agama islamnya, berbondong-bondong masuk kekuburan Medina bersama Muhammad.

    Pilih mana ...? Muhammad atau Yesus...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihatu yesus di salip aj tdk bisa nglawan ...
      Apa yg km banggakan...

      Hapus
    2. Karna kalo tdk mau akan di bunuh.
      Kristen itu bejat karna tdk punya injil yg asli

      Hapus
  3. Nabi Isa itu belum wafat sampai sekarang... dia di angkat oleh Allah SWT ke langit karena pada saat itu orang-orang yahudi ingin menyalib nya...tetapi akhir nya Allah mengganti sosok isa bin maryam itu dengan yudas isakuriat yang menghianati nabi isa..dan merubah wajahnya seperti wajah nabi isa.. sehingga orang2 yahudi menyangka kalau yang mereka salib itu adalah nabi isa...tapi sebenarnya adalah Yudas.. nabi isa si angkat ke langit oleh Allah sesaat sebelum ia akan di salib...jadi alangkah BODOHNYA kalian yang menganggap Isa adalah TUHAN...ketahuilah bahwa nanti di akhir zaman nabi isa akan turun ke bumi.. tepatnya disaat kiamat usdah akan dekat terjadi...di saat pintu tobat suadh mulai tertutup bagi KALIAN... karena itu adalah salah satu pertanda datang nya hari kiamat... di saat itu nanti Nabi isa akan membasmi seluruh salib-salib yang ada di muka bumi... menghancurkan agama Yahudi dan nasrani yang telah menganggap nya sebagai Tuhan...dan membunuh semua babi yang menjadi binatang haram bagi kami... sekarang ini kalian boleh tertawa menghina agama Islam yang jelas-jelas fitrah dari Allah.... boleh aja...ga apa-apa..tapi nanti setelah hari kiamat kalian akan merasakan siksa yang amat pedih di NERAKA JAHANAM... SELAMANYA... siksaan yang tiddak akan pernah berhenti menggerogoti tubuh kalian.... nauzubillah hi minzalik..... boleh aja kalian menertawakan nabi Muhammad SAW.... karena toh kalian nanti di akhirat juga tidak akan pernah mendapatkan perlindungan dari dia...(hanya umat islam yang akan mendapatkan perlindunganya) dari sengatan cahaya Matahari yang cuma berjarak SATU JENGKAL dari atas kepala kalian... nabi muhammad itu adalah manusia biasa...namun diberikan kelebihan oleh Allah..yaitu sebagai Nabi yang menuntun umat agar bertawakal dan bertaqwa kepada Allah..jadi tentunya ia juga akan merasakan Wafat dan di kubur...itu alasanya....dan jangan salah...Nabi muhammad telah di bawa oleh Allah untuk melihat Arsy nya di alngit yang ke Tujuh...HANYA DIA...tidak ada selain dari dia yang telah sampai ke Arsy Allah.....



    inti nya..berbahagialah oarang-orang yang mendapatkan Hidayah memeluk islam sebagai agamanya..karena mereka itulah orang-orang yang akan merasakan kebahagiaan akhirat kelak.....aaamiiin



    bagi anda yang menghina Islam.....SEMOGA ALLAH MEMBERIKAN ANDA HIDAYAH DAN MELIHATKAN BETAPA ISLAM ITU ADALAH AGAMA YANG BENAR....

    BalasHapus
  4. Waduh para penganut nabi2 ini doyannya bertengkar mana yang paling bener, kalo yang diyakini pada bener mana mungkin saling hujat dan saling benci, sepertinya sudah pada kemakan cerita cerita dongeng timur tengah semua bangsa ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita sebagai umat islam tidak akan tinggal diam jika di fitnah, ditertawakan,umat islam akan berjihad kalo perlu mati syahid! ALLAHU AKBAR!

      Hapus