Ada Pendeta Protestan Ini Mengaku Atheis

Ada Pendeta Protestan Ini Mengaku Atheis - Perdebatan keberadaan Tuhan hadir di setiap agama mana pun. Bahkan seorang yang berprofesi sebagai pendeta pun bisa saja berkesimpulan Tuhan tak ada.

Inilah yang dialami pendeta Klaas Hendrikse, seorang pendeta Kristen Protestan di Belanda. Hendrikse tak main-main dengan kesimpulannya: dia menulis sebuah buku berjudul "Percaya pada Tuhan yang Tak Ada: Manifesto seorang Pendeta Atheis."

Dia menulis dalam buku yang pada November 2007 sudah dicetak ulang tiga kali itu, bahwa ketidakadaan Tuhan semakin kuat dari waktu ke waktu. Dia menyatakan, memang masih mungkin bicara Tuhan, namun dalam hal ini Tuhan sebagai "kualitas hubungan" bukan sebagai keberadaan yang "Maha".



Klaas Hendrikse


"Ketidakadaan Tuhan bagi saya bukan sebuah halangan namun sebuah syarat untuk percaya pada Tuhan. Saya seorang penganut atheis," kata Hendrikse yang telah menjadi pendeta selama 20 tahun di sebuah gereja di Middelburg dan Zierikzee. Gereja-gereja ini bagian dari Gereja Lutheran.

Kepercayaan yang aneh dari Hendrikse ini bukan tanpa kritik. Sekretaris Jenderal Gereja Protestan di Belanda, Bas Plaisier, kepada Ecumenical News International menyatakan kepercayaan Hendrikse sebagai "sebagai suatu yang bisa dibuang bersama sampah."

Hendrikse jelas menimbulkan keguncangan di negeri beragama mayoritas Protestan itu. Majelis Regional Gereja Protestan di Zierikzee, Belanda, harus meladeni sebuah gugatan atas Hendrikse, yang memintanya tak boleh berkhutbah di gereja lagi.

Awal Februari 2010, Majelis Regional Gereja mengeluarkan putusan mengejutkan: pandangan Hendrikse tak berbeda secara fundamental dengan pandangan para teolog liberal di gereja Protestan lainnya. Gugatan administrasi atas Hendrikse ditolak, alias "Pendeta Atheis" ini tetap boleh berkhutbah di gereja.

Meski begitu, seperti dilansir Radio Nederland, otoritas nasional gereja Protestan di Belanda akan menggelar pertemuan membahas soal ini, tentang bagaimana membicarakan Tuhan di gereja. ( vivanews.com )




My be this artikel's that you need...!!!



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar