Setelah Uskup, Ditunggu Paus Lebian

Setelah Uskup, Selanjutnay Ditunggu Paus Lebian. Edan, Keuskupan Los Angeles Pilih Uskup Lesbian. Pendeta Canon Mary Glasspool, 55, mungkin jadi lesbian pertama yang menjadi uskup setelah Keuskupan Episkopal di Los Angeles menyetujui penunjukkan Mary. Sabtu (5/12). Selain Mary, sebenarnya ada kandidat lain yang ikut pemilihan uskup yaitu Pendeta John Kirkley dari San Francisco dan Pendeta Kirklay adalah seorang gay (homoseks). Namun, menurut keuskupan, Kirkley mengundurkan diri pada hari Jumat, sebelum pemilihan uskup digelar.

Para homoseks dan lesbian dibolehkan menjadi uskup dan pendeta, setelah gereja nasional mencabut larangan larangan bahwa homoseks dan lesian tidak boleh ditahbiskan menjadi petinggi gereja. Dalam pemilihan uskup akhir pekan kemarin, Mary mendapatkan dukungan mayoritas 153 suara dari 203 orang jajaran keuskupan Episkopal Los Angeles yang berhak memberikan suara dalam pemilihan itu.


"Saya sangat optimis dengan masa depan seluruh Gereja Episkopal dan saya lihat keuskupan Los Angeles sudah menyongsong masa depan itu," kata Mari Glasspool mengomentari terpilihnya ia menjadi salah satu uskup di Keuskupan Los Angeles.


Namun terpilihnya Mary membuat sejumlah kalangan Gereja Episkopal dan Komuni Anglikan goyah karena banyak paroki yang beraliran konservatif menyatakan melepaskan diri dari gereja nasional. Kepala Keuskupan Centerbury, London, Rowan Williams misalnya, menyatakan, terpilihnya Mary yang seorang lesbian sebagai uskup menimbulkan banyak pertanyaan serius yang ditujukan bukan hanya pada Gereja Episkopal tentang posisi gereja itu dalam Komuni Anglikan, tapi juga bagi seluruh komunitas Komuni.


Williams meminta pihak keuskupan Episkopal memberi penjelasan bahkan menolak terpilihanya Mary. "Keputusan menunjuk Mary akan memberi dampak penting bagi komunitas penganut agama Kristen," tukas Williams. (eramuslim.com)




My be this artikel's that you need...!!!



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar